Penyebab Dan Cara Menyembuhkan Kram Kaki

Penyebab Dan Cara Menyembuhkan Kram Kaki - Kaki kram adalah suatu yang sangat mengganggu dan tentu saja menyakitkan, dapat terjadi setiap saat, baik di tengah-tengah latihan, di tengah malam dan sebagainya. Kram biasanya berlangsung kurang dari satu menit, tetapi bisa lebih dari 15 menit.

Penyebab Dan Cara Menyembuhkan Kram Kaki


Penyebab kram kaki
Kram dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti:

  • kelelahan otot 
  • Penggunaan otot yang berlebihan 
  • Kurangnya elektrolit tubuh (Ca dan K) karena keluar melalui keringat 
  • Penumpukan asam laktat (produk metabolisme di otot) 
  • Gangguan otot oksigenasi jaringan 
  • Gangguan sirkulasi darah ke jaringan
Cara Menghindari Dan Mengatasi Kram Kaki

Berikut langkah-langkah yang dapat diambil untuk menyingkirkan kram kaki: 
1. Hindari sepatu hak tinggi 
Meskipun ukuran longgar, bentuk sepatu hak tinggi menyebabkan jari Anda selalu membungkuk sehingga aliran darah tidak lancar. 

2. Pilih sepatu yang longgar 
Sepatu yang terlalu ketat pada akhirnya membuat jari-jari kaki Anda sering mengalami stres saat berjalan, terutama ketika berjinjit. Akibatnya, aliran darah di lokasi kram jari begitu mudah lancar. 

3. Menjaga keseimbangan cairan tubuh 
Kurangnya cairan tubuh juga merupakan faktor risiko untuk terjadinya kram otot, termasuk jari-jari kaki. Minum banyak air, khususnya selama latihan berat dan banyak keringat.

4.Mineral yang tidak memadai kebutuhan tubuh
Salah satu pemicu kram pada jari kaki adalah suatu kekurangan mineral, terutama kalsium, kalium dan magnesium. Asupan minimum yang direkomendasikan adalah 1.000 mg kalsium dan 4,7 gram kalium per hari. Magnesium khusus, rekomendasi adalah 400-420 mg per hari untuk pria dan 310-320 mg untuk wanita.

5. Gerakkan jari-jari kaki
Tidak perlu peralatan khusus untuk melatih kelenturan dan kekuatan jari kaki. Cukup dengan bergerak untuk mengambil handuk, menggerakkan seperti yang Anda harap sambil duduk santai

6. Pijat atau berendam di air hangat
Banyak cara untuk meningkatkan sirkulasi darah di kaki, namun yang paling mudah dan paling nyaman yang harus dilakukan sering dipijat. Cara lain menyenangkan adalah sering mandi air hangat. Mandi air hangat sebelum tidur. Hal ini akan mengendurkan otot-otot di kaki dan mengurangi kemungkinan kram.

7. olahraga teratur 
Peregangan kaki secara teratur pada siang hari akan membuat otot-otot rileks dan mencegah kram. Jika kram kaki terjadi pada malam hari, dengan lembut meregangkan kaki Anda. Hal ini akan membantu merangsang aliran darah di kaki. 

8. Meningkatkan asupan kalium dan kalsium 
Kedua mineral tersebut penting untuk membantu proses cairan dalam tubuh. Makan makanan kaya kalium, seperti pisang, unggas, dan ikan. Isi kalsium dengan mengkonsumsi yogurt rendah lemak atau susu bebas lemak. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Rasa Cemas Dan Gelisah
semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar: