Cara Menghilangkan Rasa Cemas Dan Gelisah

Cara Menghilangkan Rasa Cemas Dan Gelisah - Banyak cara untuk menyingkirkan kecemasan. Setiap orang pasti pernah mengalami kecemasan. Jika perasaan cemas yang muncul kadang-kadang itu adalah wajar (normal). Namun, jika kecemasan berlebihan, menyebabkan serangan panik dan terjadi berulang-ulang, terlalu sering atau intens dan bahkan muncul tak terduga sebelumnya, itu berarti saatnya bagi Anda untuk mencari bantuan, pengobatan atau terapi kecemasan.

Cara Menghilangkan Rasa Cemas Dan Gelisah

Kecemasan yang paling umum adalah kecemasan sosial. kecemasan sosial atau sering disebut sebagai fobia sosial yang kecemasan berlebihan seseorang terhadap lingkungan sosial. Orang dengan gangguan ini biasanya takut penilaian orang lain, takut ditertawakan, takut tidak diterima oleh teman-temannya, dan sebagainya.

Jenis kecemasan:
Kegelisahan merupakan hal  yang sangat umum. Kegelisahan dapat menyerang siapa saja, anak-anak remaja dan orang dewasa. Kegelisahan dibagi menjadi 5 (lima) jenis:

1. Panic Disorder:
Orang dengan gangguan panik sering merasa diteror biasanya tiba-tiba dan terjadi berulang kali. Mereka sering berkeringat mudah, nyeri dada, palpitasi (denyut jantung tidak teratur), dan perasaan tersedak, yang dapat membuat seseorang merasa seperti sedang mengalami serangan jantung.

2. Obsesif-Compulsive Disorder (OCD): 
Orang yang memiliki OCD biasanya memiliki gangguan pikiran yang konstan dan ketakutan tertentu sesuatu yang berlebihan sehingga didorong untuk melakukan ritual atau rutinitas tertentu. Misalnya, orang yang takut kuman secara berlebihan sering berpikir bahwa ada banyak kuman di sekitar, sehingga setiap kali ia menyentuh sesuatu, ia harus segera mencuci tangan atau menggunakan pembersih tangan.

3. General Anxiety Disorder (GAD): 
Gangguan ini melibatkan kecemasan yang berlebihan, sering tidak realistis, meskipun tidak ada hal-hal yang memprovokasi ketakutan (takut tanpa alasan yang jelas). Orang-orang seperti sering mengalami halusinasi.

4. Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD):
Orang dengan gangguan PTSD ini biasanya pernah mengalami trauma atau peristiwa yang mengerikan seperti pelecehan seksual atau fisik, kematian tak terduga orang yang dicintai, kecelakaan atau bencana alam. Orang dengan PTSD sering memiliki pikiran dan kenangan abadi dan cenderung menakutkan insiden tersebut. Biasanya, mereka cenderung mati rasa secara emosional.

5. phobia
Biasanya, orang-orang dengan gangguan ini memiliki ketakutan hal-hal tertentu. Seperti takut ketinggian, takut darah, takut ular, takut terbang, takut jarum, dll.

Cara Menghilangkan Rasa Cemas Dan Gelisah
Jika Anda siap untuk menyingkirkan kecemasan dari pikiran Anda, berikut adalah beberapa saran dari para ahli.

- Mengubah kebiasaan 
Bagi kebanyakan orang, kecemasan yang mungkin disebabkan sebagian belajar dari orang tua. Oleh karena itu, pertama-tama Anda harus menyadari bahwa Anda adalah orang yang mudah cemas dan terbuka untuk mengubah perilaku.

- Gunakan logika 

Setelah Anda mulai merasa cemas tentang sesuatu, mengingatkan diri Anda untuk fakta bahwa kecemasan terkadang tidak terbukti. Jika Anda sudah membuat sirkuit kecemasan di otak, yang perlu Anda lakukan adalah membuat sistem sirkuit lain, yang lebih rasional.

- Perhatikan pola makan Anda 
Kadang-kadang hal-hal kecil dapat menyebabkan kecemasan, seperti kelaparan atau makanan tertentu. Kebanyakan orang yang menderita kecemasan karena kekurangan magnesium. Mengurangi minuman berkafein dan alkohol juga membantu mengurangi kecemasan.

- Jangan lupa mengambil napas dalam-dalam
Olahraga sangat penting. Ketika Anda penuh dengan kecemasan, yoga atau tai chi latihan benar-benar membantu untuk menenangkan pikiran dan membantu Anda mengolah napas.

- Jangan biarkan kekhawatiran membanjiri Anda 
Ketika cemas dan khawatir tentang sesuatu, maka Anda akan mengalami hal-hal seperti insomnia, mempercepat denyut nadi, kadang-kadang bahkan frustasi. Jangan biarkan perasaan seperti mengambil kendali dan mengambil alih hidup Anda. Pikirkan setiap masalah yang Anda hadapi akan selesai dan berlalu. Ini akan membantu Anda mengatasi kecemasan.

- Konsultasikan dengan hipnoterapis 
Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan merupakan hal  berkonsultasi dengan hipnoterapis. Sering akar masalah terpendam dalam pikiran bawah sadar dan telah ditekan sehingga Anda sendiri lupa bagaimana peristiwa persis. Hipnoterapis terampil akan membantu Anda menemukan peristiwa sensitisasi awal (ISE) atau akar masalah. Secara holistik, penyembuhan dengan metode hipnoterapi jauh lebih manusiawi daripada Anda menekan emosi dengan bantuan obat-obatan.
Baca juga Cara Menghilangkan Dan Mengatasi Stres seomoga bermanfaat

Tinggalkan Komentar: