Manfaat Dan Khasiat Brokoli Untuk kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Brokoli Untuk kesehatan - Brokoli telah lama dikenal sebagai salah satu sayuran yang sehat karena berbagai manfaat dan nilai gizi di dalamnya. Brokoli tidak cuma mengandung antioksidan,namun juga termasuk vitamin C, brokoli juga merupakan sumber alami asam folat. Asupan asam folat membantu mencegah penyakit jantung. Hijau sayuran dan juga berpotensi melindungi terhadap perkembangan kanker.

Manfaat Dan Khasiat Brokoli Untuk kesehatan

Brokoli adalah salah satu makanan yang penuh nutrisi, tetapi memiliki kalori yang rendah, selain itu, sayuran ini juga sering menjadi pilihan yang sehat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Berikut adalah fakta nutrisi mentah Brokoli per 100 g berdasarkan USDA
Energy141 kJ
Carbohydrates6.64 g
Sugars1.7 g
Dietary fiber2.6 g
Fat0.37 g
Protein2.82 g
Water89.3 g
Vitamin A equiv.31 μg
beta-carotene361 μg
lutein and zeaxanthin1403 μg
Thiamine0.071 mg
Riboflavin0.117 mg
Niacin0.639 mg
Pantothenic acid0.573 mg
Vitamin B60.175 mg
Folate63 μg 
Vitamin C89.2 mg
Vitamin E0.78 mg
Vitamin K101.6 μg
Calcium47 mg
Iron0.73 mg
Magnesium21 mg
Manganese0.21 mg
Phosphorus66 mg
Potassium316 mg
Zinc0.41 mg

Manfaat kesehatan dari brokoli 
1. Anti kanker 
The American Cancer Society merekomendasikan makan brokoli dan sayuran lainnya karena mengandung phytochemical anti-kanker. Studi epidemiologis menunjukkan bahwa diet kaya brokoli dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker seperti kanker payud*ra yang sering di alami wanita, kanker usus besar dan kanker paru-paru.

2. Anti aging 
Brokoli juga memiliki sifat anti-penuaan yang dapat membalikkan efek penuaan.

3. Membantu pencernaan 
Brokoli kaya akan serat, yang membantu pencernaan dan membantu mencegah sembelit.

4. Detoksifikasi 
Kehadiran vitamin C, asam amino sulfur membuat brokoli penawar yang sangat baik. Brokoli membantu mencegah dan menghilangkan radikal bebas dan racun seperti asam urat dari tubuh.

5. Membantu Mengontrol Diabetes
Brokoli kaya akan kromium, yang dikenal untuk membantu mengatur insulin dan mengontrol diabetes.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Brokoli merupakan sumber yang baik dari vitamin C, nutrisi penting yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

7. Menjaga kesehatan mata
Penelitian telah menunjukkan bahwa beta-karoten dalam brokoli dapat melindungi mata terhadap degenerasi makula dan mencegah katarak.

8. Melindungi terhadap radiasi ultraviolet
Para peneliti menemukan bahwa senyawa sulforaphane dalam brokoli membantu mengurangi kerusakan kulit dan peradangan yang disebabkan oleh paparan radiasi sinar UV.

9. Memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis
Karena kaya akan kalsium, magnesium, zinc, dan fosfor, brokoli membantu menjaga tulang kuat dan menjaga tulang yang kuat. Makan brokoli sangat bermanfaat bagi wanita tua dan hamil, karena orang lebih rentan terhadap osteoporosis.

10. mencegah anemia 
Anemia biasanya langsung berhubungan dengan kekurangan zat besi. Zat besi dan asam folatyang ditemukan dalam brokoli dapat membantu mencegah anemia kekurangan zat besi.

11. Membantu kehamilan yang sehat 
Brokoli merupakan sumber folat yang membantu mencegah cacat saraf seperti spina bifida pada janin. Semua wanita membutuhkan sumber folat selama kehamilan.

12. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer 
Sebuah studi menunjukkan bahwa diet tinggi folat dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan brokoli merupakan salah satu makanan yang mengandung zat ini.

13. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi 
Brokoli kaya akan serat penurun kolesterol, kromium dan serat kalium yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengendalikan tekanan darah.

14. Mengurangi risiko penyakit jantung
Lutein adalah karotenoid yang terkandung dalam brokoli dapat mencegah penebalan arteri di jantung, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung, terutama stroke.

15. Menurunkan berat badan saat diet
Brokoli sangat rendah dalam konten kalori. Sekitar 146 gram brokoli mengandung kurang dari 50 kalori dan oleh karena itu brokoli sangat baik untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda bisa mengonsumsi brokoli setiap hari sebagai makanan sehat.

Cara Masak Brokoli 

  • Brokoli Sebelum dimasak harus dibersihkan terlebih dahulu dengan berkumur dengan air dingin, tapi jangan rendam. Karena dengan merendam brokoli dapat menghilangkan sebagian besar nutrisi yang terkandung di dalamnya. 
  • Agar vitamin yang terkandung dalam brokoli tidak hilang dalam pengolahan brokoli harus dimasak sebentar, tidak lebih dari 5 menit. 
  • Rebus brokoli akan menghilangkan nutrisi penting di dalamnya, yaitu 50% folat dalam brokoli akan hilang. 
  • Memasak brokoli dengan cara dikukus jauh lebih baik untuk mempertahankan manfaat positif dan khasiat sayuran tersebut. Tetapi jika Anda masih ingin untuk memasak brokoli dengan cara merebus, menggunakan jumlah air yang tidak terlalu banyak, dan merebus brokoli dalam panci tertutup agar tidak membuang banyak vitamin melalui uap yang keluar selama proses perebusan. 
  • Ketika ingin memasak brokoli, Anda harus memasak batang pertama (sekitar 1-2 menit), diikuti oleh memasak kuntumnya. Hal ini karena bagian dari tangkai lebih keras dan membutuhkan waktu lebih lama untuk memasak.

Cara Menyimpan Brokoli 
Brokoli kadang-kadang tidak berlangsung lama. Cara menyimpan brokoli merupakan salah satu masalah yang sering timbul secara terpisah. Penyimpanan yang baik disimpan dalam kantong plastik, kemudian dimasukkan ke dalam lemari es. Jangan mencuci brokoli saat akan disimpan. Sayuran harus dimakan sesegera mungkin adalah untuk mempertahankan kesegaran dan gizi
Baca Juga Manfaat Alam Lainya: Manfaat Kandungan Jahe Untuk kesehatan

Tinggalkan Komentar: