Manfaat Kandungan Jahe Untuk kesehatan

Manfaat Kandungan Jahe Untuk kesehatan - Jahe adalah rempah-rempah dan tanaman obat yang kaya manfaat . Jahe ( Zingiber officinale ) adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat . Memiliki rasa pedas karena senyawa keton yang dominan , bernama zingeron . banyak orang menggunakannya sebagai minuman untuk menghangatkan tubuh.

Manfaat Kandungan Jahe Untuk kesehatan

Ada 3 jenis jahe , jahe putih besar , jahe putih kecil , dan jahe merah . Jahe putih besar memiliki rimpang besar dan menggembung , jahe putih kecil memiliki rimpang agak datar dan sedikit menggembung . Sementara jahe merah rimpang berwarna merah tetapi ukurannya lebih kecil dari jahe putih kecil .

Pada prinsipnya , jahe terdiri dari ratusan senyawa kimia aktif . Masing-masing dari senyawa ini diketahui memiliki sifat tertentu bagi tubuh . Senyawa fenol , misalnya , terbukti memiliki efek anti - inflamasi dan telah ditemukan bermanfaat untuk mengobati penyakit sendi , dan otot tegang . Selain fenol , jahe juga mengandung zingilberene dan Shogol . Senyawa ini dikenal sebagai anti - oksidan dan juga efektif melawan kanker dan penyakit jantung .

Senyawa penting lain yang ditemukan dalam jahe adalah minyak esensial . Minyak ini bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit , sebagai anti - imflamasi , dan pembasmi bakteri baik . Minyak atsiri juga dikenal berkontribusi aroma khas jahe . Sementara itu, sensasi pedas jahe berasal dari zingiberen dan zingiberol yang juga ditemukan dalam minyak esensial .

Manfaat Kandungan Jahe Untuk kesehatan
Jahe terbukti memiliki banyak manfaat obat yang menyembuhkan berbagai macam penyakit yang efektif . Berikut adalah daftar dari sifat dan manfaat kesehatan dari jahe :

1 . Mencegah mabuk perjalanan
Jahe efektif dalam mencegah mabuk perjalanan . Efektivitas jahe mengalahkan mabuk obat yang banyak tersedia di pasar . Selain itu, jahe juga berkhasiat meringankan sakit pagi atau mual yang sering menyerang ibu hamil .

2 . menyembuhkan kembung
Ekstrak jahe sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita kembung dan nyeri . Jahe dapat digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan dan iritasi usus .

3 . Mencegah Penyakit Jantung
Studi terbaru menunjukkan bahwa ekstrak jahe yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung . Jahe dapat membantu mencegah aterosklerosis tersebut. Manfaat jahe mirip dengan aspirin yang dapat mengurangi pembekuan darah . Jahe juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol sehat dan meningkatkan sirkulasi darah .

4 . mengobati Peradangan
Jahe mengandung senyawa yang disebut gingerol . Senyawa ini bertanggung jawab untuk aroma dan sifat anti - inflamasi . Saat mencari obat anti - inflamasi membuat obat yakin memiliki konten gingerol .

5 . Mengobati Dingin & Batuk
Seperti aspirin , gingerol dapat digunakan untuk mengurangi demam dan batuk . Menggunakan jahe berarti akan menekan munculnya efek samping seperti yang terkandung dalam obat-obatan kimia .

6 . Penghilang rasa sakit dan kaku sendi
Dalam uji klinis , jahe bisa meredakan rasa sakit , meningkatkan gerakan sendi dan mengurangi pembengkakan umumnya terkait dengan rheumatoid arthritis . Jahe juga dapat membantu meringankan sakit kepala nyeri punggung dan migren .

8 . Gula Darah Tinggi dan Tekanan Darah
Jahe berguna untuk mengobati orang dengan gula darah tinggi dan tekanan darah tinggi . Selain jahe , kunyit juga dikenal sebagai bumbu memiliki sifat yang mirip .

9 . Anti Alergi
Jahe bersama dengan ekstrak biji anggur , dapat membantu mengurangi demam dan masalah serupa yang terjadi selama musim alergi . Orang dengan alergi akan senang mendengar jahe yang tidak menyebabkan kantuk dan efek samping lain yang umum menyertai antihistamin ( anti - alergi ) .

Manfaat Jahe Untuk Kecantikan
Berikut adalah manfaat jahe untuk kecantikan dan cara penggunaannya :

1 . Melembutkan rambut
Rambut kasar dan kusam dapat melunak dengan jahe . Kandungan minyak atsiri di dalamnya bisa melembutkan dan mengharumkan rambut . Dikombinasikan dengan minyak zaitun , minyak esensial akan memperkuat jahe . Membuat jus 2 sendok makan jahe , dicampur dengan 2 sendok makan minyak zaitun . Aduk rata , oleskan pada rambut dan kulit kepala . Diamkan selama 25 menit dan Cuci seperti biasa , lakukan 2 kali seminggu .

2 . Menormalkan kulit berminyak
Jahe sangat bagus untuk merawat kulit berminyak , beberapa mineral yang terkandung dalam jahe akan menghilangkan minyak , dicampur dengan beberapa bahan lain seperti garam laut , kayu manis dan pala .

Ambil garam laut , jahe diparut , bubuk kayu manis dan satu sendok teh pala . Campur dan tambahkan air secukupnya hingga menjadi pasta dan dapat menerapkan . Oleskan pada wajah , biarkan 20 menit , bilas dengan air dingin sampai bersih .

3 . Mencegah penuaan dini
Penuaan kulit, seperti kusam , keriput dan kendur membuat penampilan menjadi kurang menarik . Kombinasi jahe , kopi , alpukat dan minyak daun kayu manis akan merawat kulit agar tetap muda .

Campurkan satu cangkir kopi bubuk , setengah cangkir alpukat atau minyak alpukat yang sudah dihancurkan , satu sendok teh jahe yang telah diparut , dan beberapa tetes minyak daun kayu manis . Aduk semua bahan sampai tercampur rata. Sebarkan herbal di seluruh tubuh , sedangkan lingkaran pijat . Bilas dengan air untuk membersihkan , lakukan dua hingga tiga kali seminggu .

4 . Menghaluskan kulit
Salah satu cara termudah untuk menghaluskan kulit adalah memanfaatkan jahe dan delima . Jahe berfungsi untuk menenangkan dan membersihkan kotoran pada kulit . Sementara vitamin C dalam buah delima dapat menghaluskan kulit .

Ambil dua sendok makan jahe parut , dicampur dengan jus buah delima . Oleskan pada wajah , biarkan 20 menit dan bilas dengan air bersih . Lakukan 2 hari .

5 . Mengangkat sel kulit mati
Butiran jahe lembut akan mengangkat sel kulit mati . bila dikombinasikan dengan garam laut dan kulit jeruk akan lebih memperkuat fungsi jahe .

Campur dua cangkir garam laut , dua sendok makan irisan kulit jeruk dan tiga tetes jus jahe . Aduk rata , oleskan pada tubuh dengan pijat melingkar . Bilas dengan air dingin . Lakukan seminggu sekali .

6 . Smoothing kaki Anda
Kulit sol biasanya kasar dan tebal . tapi kaki Anda dapat merapikan dengan campuran yang terdiri dari jahe , gula merah , lidah buaya , madu dan oatmeal .

Buat ramuan yang terdiri dari gula merah , lidah buaya dan oatmeal masing-masing 2 sendok makan . Semua bahan dicampur dan tambahkan jus lemon , jahe parut dan madu masing-masing 1 sdt . Aduk semua bahan , oleskan pada telapak kaki secara merata , diamkan 5 menit . Gosokkan secara lembut sehingga semua kotoran dan sel kulit mati gudang . Bilas dengan air bersih dan melakukannya sekali seminggu,semoga bermanfaat,baca juga manfaat alam lainya: Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Tinggalkan Komentar: