12 Makanan Yang Sehat Untuk Gigi Dan Gusi

12 Makanan Yang Sehat Untuk Gigi Dan Gusi - Anda mungkin tidak pernah berpikir bahwa makanan yang Anda makan akan mempengaruhi kesehatan gigi. Untuk melawan sakit gigi dan membunuh bakteri, beberapa jenis makanan memiliki peran penting. Penelitian juga menunjukkan bahwa memiliki mulut yang sehat dapat membantu mencegah penyakit jantung, stroke, persalinan prematur, dan sejumlah penyakit lainnya.

12 Makanan Yang Sehat Untuk Gigi Dan Gusi

Kerusakan gigi adalah salah satu masalah gigi yang paling umum. Tidak ada batas usia untuk penyakit ini. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan, salah satunya adalah makanan yang manis. Manis yang berlebihan, membuat bakteri tumbuh di mulut. Sumbatan sisa makanan di gigi berlubang, juga memicu gangguan gigi berlubang. Ini adalah alasan mengapa Anda harus menyikat gigi setiap setelah makan.

Setiap kali Anda makan makanan yang mengandung gula atau yang mengandung pati, bakteri dalam plak gigi dapat membentuk asam dan menyebabkan kerusakan. Karena itu, pilihlah makanan yang secara alami dapat melawan bakteri dalam mulut, bisa menghilangkan plak, menguatkan email gigi, sekaligus memberikan nafas segar. Itu adalah cara yang bagus untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Berikut ini beberapa sumber makanan untuk kesehatan gigi dan gusi:

1. Buah yang kaya vitamin C.
Sebuah kandungan tinggi vitamin C dapat mempertahankan fungsi jaringan gusi yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa jaringan kolagen di gusi Anda dapat rusak, jika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin C. Hasilnya akan membuat gusi Anda lebih rentan terhadap bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Buah yang kaya vitamin C seperti jeruk, nanas, kiwi, jambu biji, belimbing, pepaya, stroberi

2. Makanan kaya vitamin B dan asam folat
Asam folat dibutuhkan dalam jumlah yang cukup besar untuk menjaga kesehatan gusi dan jaringan di seluruh mulut. Vitamin B dapat ditemukan dalam sayuran hijau dan ragi.

3. lobak
Senyawa Isotiosinat yang ditemukan dalam lobak dapat menghambat aktivitas bakteri yang menyebabkan kehilangan gigi.

4. wijen
Hitam dan putih wijen sangat bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan gigi. Sesame kaya akan mineral kalsium, sehingga dapat melindungi tulang sekitar gigi dan gusi. Mengunyah wijen akan memberikan efek pembersihan plak gigi dan merangsang pembentukan email gigi.

5. keju
Keju mampu menyeimbangkan PH di mulut Anda, di mana pH asam akan mendorong pertumbuhan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Makan keju juga akan membentuk kembali email gigi dan menghasilkan saliva (air liur) yang mampu membunuh bakteri yang menyebabkan kehilangan gigi dan sakit pada gusi. Komposisi keju yang rendah karbohidrat dan tinggi kalsium, kadar fosfor juga mampu mengendalikan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan kehilangan gigi.

6. bawang
Meskipun banyak orang yang tidak nyaman dengan bau mulut yang disebabkan oleh mengkonsumsi bawang, bawang mentah tampaknya, dapat melumpuhkan bakteri mulut dan mematikan, karena mengandung sulfur.

7. bawang putih
Tidak hanya bawang, bawang putih juga mampu kesehatan gigi dan gusi. Bawang putih mengandung zat tertentu yang dapat meredakan sakit dan nyeri pada gigi.

8. seledri
Seledri baik ketika dimakan mentah karena produksi air liur lebih banyak saat mengunyah seledri mampu melumpuhkan bakteri Streptococcus mutan, penyebab gigi keropos (berlubang). Tinggi serat memiliki efek memijat gusi, dan membersihkan sisa-sisa makanan di antara gigi. Dan seledri aroma segar mampu membawa kesegaran mulut Anda.

9. teh hijau
Dalam teh hijau mengandung zat yang disebut catechin yang membunuh bakteri di mulut mengkonversi gula menjadi plak. Katekin adalah anti-inflamasi dan antibiotik. Zat ini juga dapat menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

10. peterseli
Mengunyah peterseli atau daun mint setelah makan makanan pedas akan membantu untuk menjaga kesegaran aroma napas Anda. Tanaman ini mengandung monoterpen, zat yang mudah menguap dan cepat mengalir dari aliran darah ke paru-paru, sehingga akan melepaskan aroma yang baik melalui nafas.

11. jamur shiitake
Penelitian menunjukkan bahwa gula yang ditemukan dalam jamur shiitake, mampu mencegah bakteri mulut yang menciptakan plak gigi.

12. Makanan yang mengandung antioksidan,
co-enzim Q10 (CoQ10) menyediakan energi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sel dan penyembuhan jaringan gusi. Nutrisi lain yang penting bagi kesehatan gusi meliputi vitamin A (beta karoten dan), zink, vitamin E, selenium, dan flavonoid (ditemukan di bilberry, biji anggur dan teh hijau, dan dalam banyak buah-buahan (terutama jeruk) dan sayuran.
Semoga bermanfaat,baca juga artikel Manfaat Dan Khasiat Brokoli Untuk Kesehatan

Tinggalkan Komentar: