Tips Cara Merawat Kulit Kering

Tips Cara Merawat Kulit Kering - Kulit kering biasanya terlihat kusam, terasa kencang karena memiliki tingkat rendah sebum dan pecah-pecah karena kurangnya tingkat kelembaban. Sebum adalah kelenjar minyak alami yang dihasilkan oleh tubuh kita. Sebum menjaga kulit Anda mempertahankan kelembaban.

Tips Cara Merawat Kulit Kering

Jenis Kulit setiap orang memang berbeda-beda,untuk itu diperlukan perawatan khusus untuk kulit jenis ini,di bawah ini ada beebrapa tips merawat kulit dan pemilihan pelembab yang tepat yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan kulit kering.

Tips untuk Merawat Kulit Kering

  • Kulit kering harus dirawat lebih baik dari jenis kulit lainnya. Kulit kering membutuhkan pelembab dan pijatan lembut secara teratur untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengaktifkan kelenjar sebaceous (sebum-memproduksi).
  • Gunakan krim pelembab di malam hari. Harap dicatat bahwa krim lebih baik dan direkomendasikan untuk krim kulit kering daripada lotion karena mengandung lebih banyak minyak.
  • Oleskan krim atau minyak bayi setelah mandi. Hal ini akan membantu mempertahankan kelembaban. 
  • Karena kulit kering cenderung keriput, gunakan krim di sekitar mata dan mulut. Kedua daerah ini di mana keriput cenderung muncul pertama. 
  • Minum banyak air, karena efek kekeringan yang disebabkan oleh kekurangan kelembaban tubuh, atau lembab. Jadi cobalah satu hari minum 8 gelas atau 2 liter.


Tips Memilih Pelembab yang Tepat untuk Kulit Kering
Mencari pelembab yang tepat untuk kulit kering merupakan hal  sangat penting. Beberapa pelembab mungkin akan membuat kulit Anda kering, sementara yang lain akan membuat kulit Anda menjadi berminyak. Berikut adalah tips sederhana dalam memilih pelembab yang tepat untuk kulit kering:

1. Pilih pelembab yang memiliki kandungan minyak yang tinggi.
Jika Anda memiliki kulit sangat kering, minyak pelembab yang mengandung jumlah tinggi akan bekerja dengan baik untuk Anda. Namun, jika tingkat kekeringan ringan sampai sedang kulit wajah, sebaiknya gunakan pelembab yang mengandung minyak dan sedikit air

2. Tentukan apakah kekeringan terjadi di seluruh kulit wajah atau hanya di beberapa daerah wajah saja. 
Banyak orang yang memiliki kulit kombinasi, di mana mereka memiliki area wajah berminyak di zona T (hidung, dahi tengah, dan dagu), sementara daerah lain menghadapi kering, bahkan bersisik. Jika Anda memiliki kulit kombinasi, gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan menerapkan pelembab hanya di daerah kulit kering.

3. Gunakan pelembab untuk menjaga elastisitas kulit. 
Carilah pelembab yang mengandung gliserin, dimethicone, asam hyaluronic, dan urea 20% untuk kulit wajah ekstra kering. Bahan-bahan ini dapat menjaga kulit lentur dan terhidrasi.

4. Membeli pelembab anti alergi.
Untuk menjaga kulit terhindar dari reaksi alergi terhadap parfum atau bahan tambahan lainnya, membeli pelembab anti alergi. Ini akan menghindari iritasi kulit karena alergi terhadap produk yang akan membuat kulit Anda lebih kering bersisik.

5. Pertimbangkan untuk menggunakan pelembab alami.
Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan semua pelembab alami, seperti minyak zaitun (olive oil). Harganya akan lebih murah jika digunakan sebagai pelembab dari harga pelembab lain yang dijual di toko-toko. Selain itu, dengan menggunakan pelembab alami, pori-pori kulit tidak akan tersumbat.
Baca juga: Cara Mengobati Kulit Yang Gatal
Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Komentar: