Penyebab Dan Cara Mencegah Diabetes

Penyebab Dan Cara Mencegah Diabetes - Hampir 25 % dari penderita diabetes tidak menyadari jika mereka menderita penyakit tersebut . Setiap orang berusia di atas 45 tahun , kelebihan berat badan , atau memiliki riwayat keluarga dengan diabetes memiliki peningkatan risiko diabetes tipe - 2 .

Penyebab Dan Cara Mencegah Diabetes

Penyebab Diabetes
Ada banyak penyebab mengapa seseorang menderita diabetes . Ada yang karena infeksi pankreas , obesitas , stres , usia, riwayat keluarga , ras , tekanan darah tinggi , gizi buruk , dan gender. Ada banyak orang yang memiliki karakteristik seperti diabetes , tetapi kadar gula mereka tidak cukup tinggi untuk didiagnosis sebagai diabetes . Jika kondisi tersebut tidak terdeteksi , maka ada potensi untuk berkembang menjadi diabetes tipe - 2 .
Berikut adalah beberapa faktor pemicu diabetes :

1 . Infeksi Pankreas
Salah satu pemicu diabetes adalah pankreas tidak berfungsi dengan baik akibat infeksi . Ketika ini terjadi , pankreas tidak akan menghasilkan cukup insulin , sehingga kadar gula darah yang tinggi .

2 . Kelebihan Berat / Obesitas
Para ahli berpendapat bahwa jika seseorang memiliki ukuran pinggang lebih dari 88 cm , maka ia memiliki risiko lebih besar terkena diabetes .

3 . jarang Olahraga
Orang-orang yang jarang berolahraga juga memiliki risiko diabetes yang lebih tinggi daripada mereka yang berolahraga 2-3 kali per minggu . Hanya latihan berjalan kaki selama 30 menit bisa membantu .

4 . usia
Risiko diabetes akan meningkat seiring dengan usia . Penelitian menunjukkan 80 % dari penderita diabetes di atas usia 40 tahun .

5 . Sejarah keluarga
Faktor lain adalah pemicu riwayat keluarga diabetes . Jika ibu Anda , ayah , atau kerabat dekat yang menderita diabetes , anak itu berisiko terkena diabetes .

Uraian di atas menunjukkan diabetes dapat disebabkan oleh banyak hal . Terapkan gaya hidup sehat dan olahraga adalah cara mudah untuk membuat kita tetap sehat .

Cara Mencegah Diabetes

Seperti kondisi medis lainnya , pengetahuan tentang bagaimana mencegah diabetes lebih berharga daripada mengobati.Oleh karena itu , mengambil langkah-langkah untuk pencegahan diabetes harus didahulukan . Hal ini terutama berlaku jika seseorang memiliki faktor risiko diabetes yang meningkatkan kemungkinan menderita penyakit ini .

Berikut adalah 7 cara sederhana untuk mencegah diabetes :

1 . Menjaga berat badan yang sehat .
Kebanyakan orang yang didiagnosis dengan diabetes ( diabetes tipe 2 biasanya ) memiliki berat badan lebih . Berat badan dan kelebihan lemak meningkatkan risiko mengembangkan diabetes .

2 . Tahu sejarah keluarga Anda .
Kemungkinan seseorang terkena diabetes di kemudian hari akan meningkat jika dalam keluarga terdapat satu atau lebih anggota yang memiliki diabetes .

3 . Tetap aktif secara fisik .
Olahraga teratur dapat membantu mencegah diabetes dengan mengendalikan berat badan dan meningkatkan aliran darah . Olahraga sangat penting terutama jika seseorang secara genetis termasuk kelompok dengan faktor risiko tinggi .

4 . Makan diet seimbang , rendah lemak dan gula .
Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan penurunan kemampuan tubuh untuk memproduksi atau menggunakan insulin untuk mengubah gula menjadi energi , sehingga sangat penting untuk membatasi jumlah gula dan karbohidrat yang dikonsumsi .

5 . Lakukan pemeriksaan kesehatan .
Setiap orang yang berusia di atas 45 tahun harus memiliki jadwal rutin memeriksa kadar gula darah setiap 3 tahun . Namun, jika seseorang termasuk kelompok dengan faktor risiko tinggi , pemeriksaan rutin harus dimulai pada usia lebih dini .

6 . Memonitor tekanan darah secara teratur .
Sekitar 73 persen orang dewasa dengan diabetes juga menderita tekanan darah tinggi .

7 . Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bioflavonoid , pewarna dalam buah-buahan dan tanaman , akan merangsang produksi insulin dan menghambat glikasi atau obligasi melanggar molekul glukosa proses untuk protein yang merangsang pembentukan produk akhir glikasi advenced ( AGE ) . Sementara sebagian AGEs tidak berbahaya , orang lain dapat mengganggu molekul dan berkontribusi terhadap organ dan kerusakan saraf .
Semoga Bermanfaat,Baca Juga Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan

Tinggalkan Komentar: