Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan - Jambu Biji , buah ajaib yang akrab dalam kehidupan kita , memiliki beberapa manfaat kesehatan . Buah ini sangat kaya vitamin C dan beberapa mineral yang mampu menangkal berbagai penyakit degeneratif , serta menjaga kebugaran fisik . Daun dan kulit kayu mengandung zat antibakteri yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit .

Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan

Pohon jambu yang bercabang tanaman semak . Bagian dari tanaman ini sering digunakan untuk berbagai tujuan, kulit, daun ,dan buah .
Pemanfaatan kulit kayu dan daun dalam bidang kesehatan memiliki sejarah panjang dan masih berlanjut hingga hari ini . Daun jambu biji sering digunakan untuk pengobatan diare , gastroenteritis , dan keluhan lain yang berhubungan dengan pencernaan .

Daun jambu biji kaya akan flavonoid , khususnya quercetin . Senyawa ini memiliki aktivitas antibakteri dan berkontribusi terhadap efek antidiare . Polifenol yang ditemukan pada daun diketahui memiliki aktivitas antioksidan .

Sama seperti daun jambu biji , kulit batang tanaman ini memiliki aktivitas antibakteri . Ekstrak dari kedua bagian tanaman ini beracun in vitro terhadap beberapa bakteri penyebab diare , seperti Staphylococcus , Salmonella , Shigella , Bacillus , Escherichia coli , Clostridium , dan Pseudomonas .

Bagian terpenting dari tanaman jambu biji , adalah buah . Buah jambu biji dapat dikonsumsi dalam bentuk segar atau diolah menjadi berbagai produk seperti selai ,jell ,pasta ,dan jus .

Buah jambu biji dikatakan sangat istimewa karena memiliki kandungan tinggi nutrisi , seperti vitamin C , potasium , dan zat besi . Selain itu , juga kaya akan zat non - gizi seperti serat makanan , komponen karotenoid , dan polifenol . Buah jambu biji bebas dari asam lemak jenuh dan sodium , rendah lemak dan energi , tetapi tinggi serat .

Kandungan vitamin C buah jambu biji sekitar 87 mg , dua kali lipat dari jeruk manis ( 49 mg/100 g ) , lima kali lebih tinggi dari jeruk, serta delapan kali, dari lemon ( 10,5 mg/100 g ) . Dibandingkan jambu, kadar vitamin C dalam jambu biji jauh lebih besar, yaitu 17 kali lebih tinggi daripada jambu air ( 5 mg/100 g )

Manfaat Kesehatan Jambu Biji

1 . Mengobati Disentri
Jambu biji kaya akan astringents ( senyawa yang membuat gusi terasa lebih kencang dan segar setelah mengunyah daun jambu biji atau makan jambu biji mentah ) . Konten dalam jambu biji alkali zat dan memiliki kemampuan desinfektan dan anti - bakteri , sehingga membantu menyembuhkan disentri oleh pembentukan lendir mikroba dengan menghambat aktivitas lendir dari bakteri penyebab disentri di dalam usus .

2 . Kesehatan Jantung
Jambu biji segar sangat kaya potasium , bahkan lebih dari pisang per 100 g berat buah . Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah .

3 . Meningkatkan  Fungsi Otak
Vitamin B pada kesehatan jambu memainkan peran penting dalam fungsi otak . Jambu biji kaya akan vitamin B3 dan B6 . Vitamin B3 , juga dikenal sebagai niacin yang berfungsi untuk merangsang fungsi otak dan meningkatkan aliran darah , dan vitamin B6 , juga dikenal sebagai pyridoxine , adalah nutrisi penting untuk fungsi otak dan saraf .

5 . Mengobati batuk dan pilek
Mungkin ada beberapa yang tahu jambu yang berguna untuk mengobati batuk dan pilek . Penggunaannya masih buah mentah dengan cara jus . Jus jambu biji mentah atau daun jambu biji benar-benar membantu meredakan batuk dan dingin dengan melonggarkan saluran pernapasan disinfektan tenggorokan , mengurangi lendir , pernapasan dan paru-paru dan menghambat aktivitas mikroba .

6 . Pencegahan kanker, anti - penuaan , dan meningkatkan daya tahan tubuh
Jambu biji rendah kalori dan lemak namun mengandung vitamin penting antara lain , mineral , dan senyawa fenolik antioksidan poli - dan flavonoid memainkan peran penting dalam pencegahan kanker , anti - penuaan , dan meningkatkan daya tahan tubuh .

7 . Kulit Sehat
Studi menunjukkan bahwa likopen dalam jambu biji muda dapat mencegah kerusakan kulit dari efek sinar UV dan memberikan perlindungan dari kanker prostat .

8 . Sumber vitamin B kompleks
Jambu biji juga merupakan sumber vitamin B kompleks seperti asam pantotenat , niasin , vitamin B6 ( pyridoxine ) , vitamin E , dan K , dan mineral seperti magnesium , tembaga , dan mangan . Mangan digunakan oleh tubuh sebagai co - faktor untuk enzim antioksidan , superoksida dismutase . Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah .

9 . Membantu mengobati demam berdarah
Ekstrak daun jambu biji juga dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah . Nomor trombosit akan menurun drastis pada pasien dengan demam berdarah pendarahan begitu mudah . Pemeriksaan lebih lanjut juga membuktikan bahwa ekstrak daun jambu biji tidak beracun sama sekali ( aman untuk dikonsumsi ) .
Semoga Bermanfaat,baca juga Manfaat Buah Alpukat Untuk Kecantikan Kulit

Tinggalkan Komentar: