Manfaat Terong Untuk Kesehatan

Manfaat Terong Untuk Kesehatan - Terong (Solanum melongena) kaya akan manfaat. Tanaman yang berasal dari India dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Selain serat tinggi dan kaya akan vitamin B, terung juga mengandung mineral seperti magnesium dan mangan. Warna ungu terong mengandung anthocyanins yang dapat mencegah tekanan darah tinggi dan hepatosis (penyakit kekurangan vitamin E). Anthocyanin juga bisa memperbaiki penglihatan di malam hari. Terong juga bermanfaat untuk mengurangi lemak dan kolesterol dan menurunkan gula darah dalam tubuh kita. Ekstrak terong dapat menghambat enzim yang menyebabkan diabetes tipe 2.

Manfaat Terong Untuk Kesehatan

Di banyak negara, terong sering digunakan sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit seperti syaraf, kejang saraf dan kejang-kejang karena isi strychnine, skopolamin, skopoletin, dan skoparon hadir dalam buah terong. Selain itu, terong juga digunakan untuk mengobati epilepsi.

Sayuran ini juga dapat mengobati penyakit seperti campak, cacar air, ketergantungan alkoh0l dan luka bakar. Terong dikeringkan di Korea sering digunakan untuk mengobati penyakit seperti rematik, sakit pinggang dan pinggul kaku.

Fakta gizi dari Terong

Terong sangat rendah kalori dan lemak namun kaya akan kandungan serat larut. Ini berisi jumlah yang baik dari banyak kelompok B-kompleks penting dari vitamin seperti asam pantotenat (vitamin B5), piridoksin (vitamin B6) dan thiamin (vitamin B1), niacin (B3). Vitamin ini sangat penting dalam arti bahwa tubuh membutuhkan mereka dari sumber eksternal untuk mengisi dan diperlukan untuk lemak, protein dan metabolisme karbohidrat.

Selanjutnya, sayuran ini merupakan sumber yang baik juga mineral seperti mangan, tembaga, besi dan kalium. Mangan digunakan sebagai co-faktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase. Kalium adalah elektrolit intraselular penting membantu melawan efek hipertensi natrium.

Nutritional value per 100 g based on USDA
Energy
104 kJ
Carbohydrates
5.88 g
Sugars
3.53 g
Dietary fiber
3 g
Fat
0.18 g
Protein
0.98 g
Thiamine0.039 mg
Riboflavin0.037 mg
Niacin0.649 mg
Pantothenic acid0.281 mg
Vitamin B60.084 mg
Folate22 μg
Vitamin C2.2 mg
Vitamin E0.3 mg
Vitamin K3.5 μg
Calcium9 mg
Iron0.23 mg
Magnesium14 mg
Manganese0.232 mg
Phosphorus24 mg
Potassium229 mg
Zinc0.16 mg

Manfaat Kesehatan Terong
1. Menurunkan Saraf Yang Tegang
Isi scopoletin dan scoparone terkandung dalam terong diyakini mengurangi guncangan psikologis dan mengurangi stres. Selain itu terong juga dapat mencegah epilepsi dan penyebab lain dari stres.

2. Mencegah Risiko Kanker 
Menurut sebuah studi di Jepang membuktikan, terong yang merupakan salah satu sayuran yang dapat mencegah risiko kanker. Hal ini disebabkan oleh kandungan inhibitor dalam sayuran ini.

3. Mencegah Aterosklerosis 
Berdasarkan hasil percobaan yang dilakukan pada kelinci, kelinci yang diberi terong menunjukankan terus menerus terbukti mengurangi lemak di arteri mereka sehingga untuk menghindari risiko aterosklerosis.

4. Menurunkan Resiko Serangan Jantung 
Karena kandungan serat, beta karoten dan anti-oksidan yang tinggi membuat terong, menjadi salah satu tanaman yang dapat mencegah seseorang dari terkena serangan jantung bila dikonsumsi secara teratur.

5. menurunkan Hipertensi
Terung memiliki gelar atau jumlah kalium yang cukup tinggi di sekitar 217mg / 100gram. Kandungan kalium yang cukup tinggi untuk secara efektif mencegah hipertensi.

Terong biasanya lebih enak di konsumsi saat sudah di olah,Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi sayuran yang kaya manfaat ini,sayuran murah yang mampu mencegah berbagai macam penyakit mahal,semoga bermanfaat,baca juga ya Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok

Tinggalkan Komentar: