Manfaat Dan Bahaya Minum Kopi Untuk kesehatan

Manfaat Dan Bahaya Minum Kopi Untuk kesehatan - Mungkin kebanyakan orang yang mengonsumsi kopi berasumsi bahwa kopi hanya dapat menghilangkan kantuk. Tapi lebih dari itu, ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari kopi. Selama ahli memperkirakan manfaat positif kopi berasal dari kafein, namun kini para ahli juga menemukan bahwa komponen lain dari minuman ini, seperti magnesium, lignan, dan asam chlorogenic, memiliki manfaat yang tak kalah penting.

Manfaat Dan Bahaya Minum Kopi Untuk kesehatan

Hasil penelitian epidemiologi menunjukkan pecandu kopi berisiko rendah terhadap kanker usus besar. Berdasarkan penelitian Rachel, komponen regulasi positif dari gula darah dan pelepasan insulin sehingga efektif mencegah diabetes.

Kopi, terutama jenis arabica dan robusta, juga mengandung komponen gizi (protein, asam amino, karbohidrat, lipid, dan mineral). Kopi juga mengandung komponen non-gizi yang merupakan senyawa bioaktif untuk cita rasa dan pengawet, seperti kafein dan asam klorogenat.

Konsumsi kafein dalam jumlah normal juga menguntungkan karena penggunaan efek stimulan dari kafein dapat memberi bersifat sementara dan tidak berbahaya. Pengaruhnya terhadap sistem saraf adalah untuk mencegah kantuk, meningkatkan persepsi sensorik, kecepatan pikiran, dan mengurangi kebosanan.

Manfaat kesehatan dari Kopi:
1. Risiko kanker payudara lebih rendah
Mendekati menopause, wanita yang mengonsumsi empat cangkir kopi sehari memiliki penurunan risiko kanker payudara sebesar 38 persen, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition. Kopi melepaskan phytoestrogen dan flavonoid yang dapat menahan pertumbuhan tumor. Namun, konsumsi kurang dari 4 cangkir tidak akan mendapatkan manfaat ini.

2. Melindungi kulit
Mengkonsumsi 2-3 cangkir kopi sehari dapat membantu menurunkan risiko kanker kulit nonmelanoma hingga 17 persen. Kafein dapat merangsang kulit untuk membunuh sel-sel prakanker, dan juga menghentikan pertumbuhan tumor.

3. melindungi gigi
Kopi mengandung kafein yang memiliki antibakteri dan antilengket kemampuan, sehingga dapat menjaga bakteri penyebab lubang menggerogoti lapisan gigi. Minum secangkir kopi setiap hari terbukti dapat mencegah risiko kanker mulut hingga separuhnya. Senyawa yang ditemukan di dalam kopi juga dapat membatasi pertumbuhan sel kanker dan kerusakan DNA.

4. Membantu proses pembakaran lemak
Peneliti dari Australian Institute of Sport, sebagaimana disebutkan dalam Good Health, menemukan bahwa satu cangkir kopi dapat memicu otot untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi, bukan karbohidrat. Fakta lain, menurut Dr Michael Colgan, penulis Optimum Sports Nutrition, seperti dirilis Live Strong, pembakaran lemak dapat ditingkatkan hingga 100 persen bila mengkonsumsi kafein sebelum latihan.

5. mencegah diabetes
Orang yang mengonsumsi 3-4 cangkir kopi reguler atau kopi tanpa kafein (dengan kadar kafein yang dikurangi) akan menurunkan risiko mengembangkan diabetes tipe II hingga 30 persen. Asam klorogenik dapat membantu mencegah resistensi insulin, yang merupakan pertanda adanya penyakit ini.

6. Meningkatkan kekuatan otak
Minum kopi secara teratur juga dapat membantu mengurangi risiko demensia dan Alzheimer, serta Parkinson. Antioksidan yang terkandung dalam kopi kontra kerusakan sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih maksimal sehingga otak bekerja lebih baik.

7. Melindungi jantung dan mencegah stroke
Kopi mengandung antioksidan yang dapat membantu menahan efek buruk dari peradangan pada arteri. Dan peminum kopi hitam sebanyak 1-2 cangkir per hari memiliki risiko lebih rendah terkena stroke daripada mereka yang tidak minum kopi.

8. Mencegah penyakit saraf
Peminum kopi berkafein cenderung untuk mengembangkan Alzheimer dan penyakit Parkinson. Kandungan antioksidan di dalam kopi akan mencegah kerusakan sel yang berhubungan dengan Parkinson. Sedangkan kafein akan menghambat peradangan di otak, yang sering dikaitkan dengan penyakit Alzheimer.

9. Menjaga kesehatan hati
Berdasarkan analisis dari sembilan studi menemukan bahwa kopi dapat mengurangi risiko kanker hati sebesar 43%.

10. Membuat daya tahan yang lebih baik
Para peneliti juga menemukan bahwa pengendara sepeda diperbolehkan untuk menyesap kopi saat naik sepeda, bisa pergi lebih jauh dari air hanya minum. Penelitian dari Inggris menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kekuatan otot tungkai.

11. mencegah batu empedu
Batu empedu tumbuh ketika lendir di dalam kantong empedu memerangkap kristal kolesterol. Xanthine, yang ditemukan di dalam kafein, akan mengurangi lendir dan risiko penyimpanannya. Dua cangkir kopi atau lebih setiap hari akan membantu proses ini.

12. Membantu meringankan sakit kepala
Penelitian menunjukkan, 200 miligram kafein dapat membantu meringankan sakit kepala, termasuk migrain.

Efek Samping/Bahaya Minum Kopi 
Kafein sebagai kandungan utama kopi adalah stimulan adiktif. Kafein mempengaruhi sistem kardiovaskuler seperti peningkatan detak jantung dan tekanan darah. Dampak negatif datang ketika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan.

Karena kandungan kafein dalam kopi adalah cukup banyak, tidak dianjurkan bagi wanita hamil untuk mengkonsumsi kopi karena dapat menyebabkan keguguran.

Senyawa lain yang ditemukan dalam kopi adalah karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Selain itu, ada lebih dari seribu senyawa kemungkinan untuk hadir dalam kopi. Kualitas dan kuantitas senyawa ini dapat bervariasi tergantung pada pengolahan kopi.

Fakta gizi umum untuk kopi termasuk tentang 0.01g lemak total, kolesterol 0mg, sekitar 1 mg natrium, sekitar 14mg kalium, sekitar 0.01g dari total karbohidrat dan 0.04g hampir protein. Jumlah ini untuk melayani ukuran 1 fl oz. Kopi dengan gula dan susu, jika disajikan 10fl.ozs, berisi tentang 1gm lemak total, kolesterol 5 mg, sodium sekitar 70mg dan hampir 16gm dari total karbohidrat. Ini terdiri dari 4% kalsium. Coffee terdiri dari berbagai mineral seperti Niacin, Thiamin, Magnesium, Fosfor, folat dan mangan.

Saran Harian Untuk Menikmati Kopi
Saran harian untuk menikmati kafein adalah 200 miligram. Dosis ini biasanya setara dengan dua sampai tiga cangkir kopi. Saran ini datang dari Food Standards Agency, yang memperingatkan bahwa kafein dapat berdampak buruk bagi kesehatan,baca juga Cara Menghilangkan Dan Mengatasi Stres

Tinggalkan Komentar: