Cara Alami Mengatasi Rambut Berminyak

Cara Alami Mengatasi Rambut Berminyak - Memiliki rambut berminyak bisa membuat Anda kurang percaya diri karena rambut berminyak terlihat kotor dan kusam . Apa yang menyebabkan rambut berminyak dan bagaimana untuk menyingkirkan itu ? Pertimbangkan tips berikut .

Cara Alami Mengatasi Rambut Berminyak

Rambut berminyak tidak hanya menyebabkan penampilan terlihat buruk , tetapi juga dapat menyebabkan masalah lain seperti ketombe , jerawat pada kulit kepala dan rambut rontok . Sebenarnya , dalam folikel rambut ada kelenjar sebaceous yang memproduksi sebum ( minyak yang membantu menjaga kulit dan rambut lembab dan mengkilap ) . Namun dalam kandungan minyak orang-orang tertentu yang lebih tinggi atau kelebihan daripada orang lain .

Penyebab rambut berminyak
Penyebab rambut berminyak adalah hasil dari kelenjar minyak yang terlalu aktif yang membuat kadar minyak di rambut menjadi berlebihan . Berikut adalah beberapa hal yang diketahui mempengaruhi aktivitas kelenjar sebaceous sebelum menjadi sebum .

perubahan hormon
Perubahan hormon yang terjadi ketika seseorang mencapai pubertas , menopause , stres atau mengonsumsi obat hormon (seperti kontrasepsi oral ) akan membuat rambut Anda menjadi lebih berminyak . Selama pubertas , fluktuasi hormon dalam tubuh termasuk androgen , hormon berfungsi untuk mengontrol kelenjar minyak yang membuat rambut seseorang lebih berminyak . Berminyak rambut karena perubahan hormonal biasanya hanya sementara .

genetik
Orang yang memiliki rambut dan kulit berminyak juga biasanya genetik . Kondisi ini akan membuat seseorang memiliki rambut berminyak lebih dari orang lain sepanjang hidup mereka , dan tentu saja sulit untuk diatasi karena faktor genetik .

lingkungan
Faktor-faktor lingkungan seperti panas atau kelembaban suhu udara dapat membuat rambut berminyak . Selain itu, faktor eksternal seperti keringat , asap , dan bahkan berlebihan make - up akan membuat rambut Anda berminyak . Selain itu, penggunaan produk yang tidak dirancang untuk jenis rambut berminyak cenderung menambah masalah .

Tips untuk menyingkirkan rambut berminyak
Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menyingkirkan rambut berminyak , berikut adalah tips :

1 . Pilih shampoo yang cocok untuk rambut berminyak yang dirancang dan mencuci rambut setiap hari . Sampo yang mengandung deterjen untuk membantu mengontrol minyak di kulit kepala . Saat keramas , pijat kulit kepala Anda dengan sampo lembut dan diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas . Ulangi lagi , proses. Kemudian bilas sampai bersih .

2 . Jika Anda ingin menggunakan kondisioner 
pilihlah kondisioner yang dirancang untuk rambut berminyak . Gunakan ujung-ujung rambut saja dan tidak boleh terkena kulit kepala karena dapat membuat rambut lebih berminyak .

3 . Cobalah untuk tidak menyikat terlalu sering dan tidak menyisir ke kulit kepala .
Sisir rambut Anda terlalu sering dapat merangsang produksi minyak berlebih .

4 . Kurangi makanan berminyak
Kurangi makanan berminyak dan junk food . Makanan ini meningkatkan minyak dalam tubuh yang meningkatkan minyak di rambut . Oleh karena itu makan sayuran dan buah-buahan sangat dianjurkan untuk kesehatan kulit kepala .

5 . Jangan menggunakan serum rambut
Jangan menggunakan produk untuk membuat rambut berkilau seperti serum dan produk untuk rambut keriting . Produk ini mengandung pelembab ekstra yang akan membuat rambut Anda lebih berminyak .

6 . Membubuhkan bedak pada pangkal kepala
Powder akan menyerap minyak berlebih . Namun membubuhkan bedak pada pangkal kepala sebaiknya hanya dalam keadaan darurat hanya karena efek yang diberikan tidak akan bertahan lama . Pastikan rambut dicuci secara menyeluruh setelah itu .

7 . Jika upaya ini gagal , konsultasikan dengan dokter kulit untuk membantu mengatasi minyak berlebih sehingga bisa membuat rambut terlihat indah dan mengkilap
Semoga Bermanfaat,baca juga Cara meningkatkan elastisitas Kulit

Tinggalkan Komentar: